Wisata Goa Selarong di Jogja
February 13, 2017

Wisata Candi Plaosan di Jogja

Wisata Candi Plaosan di Jogja – Candi Plaosan sebenarnya merupakan kompleks candi . Candi Budha dibagi menjadi dua bagian , Plaosan Lor ( lor : utara ) dan Plaosan Kidul ( kidul : selatan ) . Hal ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 selama pemerintahan Rakai Pikatan .

Argumen ini didukung oleh Sri Kahulunan prasasti tertanggal 842 AD yang menyatakan bahwa Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan dengan dukungan dari suaminya . Diperkirakan bahwa Ratu Sri Kahulunan adalah Pramodhawardhani , putri Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra . Dia menikah dengan Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya . Pramodhawardhani adalah Buddha sedangkan Rakai Pikatan adalah Hindu . Candi ini dikenal sebagai simbol cinta mereka .

Lokasi Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Dusun Bugisan , Desa Prambanan , Kecamatan Klaten , Jawa Tengah . Sekitar 20 Km ke arah timur Yogyakarta atau 1,5 Km dari Candi Sewu .

Kompleks Plaosan menempati 2.000 meter persegi tanah dan terletak 148 meter di atas permukaan laut . Mengunjungi candi , Anda akan dapat menikmati pemandangan sawah di kuil sekitarnya . Plaosan terdiri dari dua candi utama dikelilingi oleh dinding batu . Setiap dinding batu dikelilingi oleh total 174 candi perwara . Hampir semua candi perwara berupa reruntuhan . Di bagian barat dari dinding sekitarnya adalah gerbang batu dengan hiasan mahkota di atasnya .

Candi utama diletakkan di atas platform 60 cm. Dihiasi dengan dekorasi yang indah diukir secara rinci . Tangga ke candi memiliki kepala naga ornamen pada pegangan nya . Dekorasi unik lainnya adalah kepala Kala ditempatkan di atas pintu masuk . Berbeda dengan hiasan Kala di Candi Barong , Kala di Plaosan tidak memiliki rahang bawah . Dinding luar dari dua candi dihiasi dengan relief berukuran hampir – manusia. Relief di dinding selatan digambarkan sosok laki-laki sedangkan bantuan di dinding utara menggambarkan sosok perempuan .

Memasuki candi , candi dibagi menjadi enam kamar . Di ruang tengah tiga patung Buddha duduk berdampingan di panggung . Di dinding kiri dan kanan adalah ceruk yang digunakan sebagai tempat untuk lentera . Relung yang diukir dengan relief Kuwera dan Hariti .

Desain yang sama dapat ditemukan di Plaosan Kidul yang merupakan tempat relief Boddhisatva atau populer sebagai Bunda semua Buddha . Sekitar candi adalah sawah .

Rute ke Candi Plaosan

Dengan transportasi umum : Naik bus dari Janti bahwa rute ke Yogya – Solo. Berhenti di lampu lalu lintas pertama setelah Candi Prambanan atau sekitar Km 18/19 . Lanjutkan dengan mengambil ojek ( taksi motor ) untuk sampai ke kuil .

Dengan kendaraan pribadi : Mengemudi dari Yogyakarta , kepala timur untuk rute Candi Prambanan . Ambil belok kiri di lampu persimpangan lalu lintas pertama setelah Candi Prambanan (lihat kantor pos di sisi kiri ) . Sesampainya di persimpangan lain dengan lampu lalu lintas , berbelok ke kiri ( utara ) dan kepala ke Manisrenggo . Terus lurus sampai Anda menemukan candi di sisi kanan jalan .

Wisata Candi Plaosan di Jogja
5 (100%) 5 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan Sekarang